Jumat, 03 Desember 2010

Operasi dengan menggunakan Robot (Robotic Surgery)

Operasi adalah hal yang biasa dibidang kesehatan. Tetapi kalau menggunakan robot, lain lagi ceritanya. Robot adalah sebuah komponen yang disusun sedemikin rupa dan menjadi alat yang berguna bagi kehidupan manusia, terutama  dibidang kedokteran. 


Hal ini telah dibuktikan dalam operasi ritme jantung perdana dengan menggunakan robot. Yang pertama kali mengoperasikannya adalah Andre Ng, seorang konsultan ahli kardlologi dan elektrofisiologi di Glenfield Hospital, Leicester. Ia melakukan prosedur pembedahan dari luar ruang bedah. dan ia tidak menyangka bahwa operasi tersebut belangsung dengan lancar. "Itu melampaui perkiraan kami dan kami menyelesaikannya dalam jangka waktu 1 jam saja!", kata Andre.


Dalam pembedahan robotik itu,  Andre memasukkan pipa tipis yang di sebut kateter ke pembuluh darah di bagian atas selangkangan dan mendorongnya hingga memasuki bilik jantung. Dektroda pada kateter merekam dan merangsang berbagai wilayah jantung untuk membantu dokter mengidentifikasi penyebab masalah ritme jantung, yang biasanya berkaitan dengan abnormalitas dalam sistem listrik jantung. Begitu area itu teridentifikasi, salah satu kateter diposisikan pada lokasi tersebut untuk membakar jaringan yang rusak dan menyembuhkannya.


Pembuangan Jaringan yang rusak menggunakan kateter telah dikembangkan dan digunakan secara efektif selama dua dasawarsa terakhir terhadap pasien penyakit jantung berdebar, yang disebabkan oleh gangguan ritme Jantung. Meski beada di luar ruangan, ia merasa memiliki kendali penuh selama proses pembedahan. Dan keuntungan utama dari prosedur tersebut adalah Andre tidak perlu menggunakan baju anti radiasi sinar-x. Lagipula, Operasi yang rumit dan lama dapat membuat dokter cepat lelah dan mudah tertekan. Tetapi dengan prosedur seperti ini, Andre mengaku dapat melakukan operasi ini dengan lebih santai.



Semoga artikel ini berguna...!!!
Wassalamualaikum wr wb

2 komentar:

terimakasih atas beritanya...mdh2n menjadi inspirasi untuk saya menyusun skripsi. ada rencana ingin membuat robot bedah...^_^ mdh2n terlaksana. amieeen !!!